Selasa, 10 Juli 2012

PERGUNAKANLAH WAKTU DENGAN BAIK

PERGUNAKANLAH WAKTU DENGAN BAIK

KHOTBAH KOMISI
1 PETRUS 4:1-6

Saudaraku yang dikasihi Yesus Kristus!
            Ada ungkapan, “berusahalah selagi masih ada kesempatan berkarya”. Tak terasa waktu begitu cepat berlalu, apalagi disibukkan dengan berbagai pekerjaan dan kegiatan rutinitas. Kadang pula tanpa terasa umur semakin bertambah dengan berlalunya waktu dalam ketika menjalani kehidupan ini. Persaingan disegala aspek kehidupan terus memacu manusia untuk meningkatkan aktivitas dan kinerjanya.
            Firman Tuhan saat ini menngatakan, “supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah”(ayat2). Apa rencana dan kehendak Allah bagi manusia? Allah menghendaki agar manusia dapat menikmati kehidupan yang layak dengan masa depan yang penuh harapan sambil tetap taat melakukan segala pertintahNya. Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11). Bagaimana caranya agar setiap orang benar-benar dapat hidup dalam damai sejahtera dengan hari depan yang penuh harapan? Jawabannya sederhana, pergunakanlah waktu pemberian Tuhan dengan baik. Jangan membuang waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat dan merusak citra diri sebagai orang beriman. Sebaliknya berdoalah dan berusahalah dengan keyakinan iman segala jerih lelah kita dalam melakukan pekerjaan yang baik pasti diberkati Tuhan. Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia (1 Korintus 15:58). Keluarga Kristen adalah persekutuan gereja Tuhan dalam, karena itu bila semua anggota keluarga dapat menjalankan perannya dengan baik sambil memanfaatkan waktu secara tepat sasaran pasti kehidupan yang harmonis, penuh damai dan bahagia akan dinikmati bersama.
            Jadilah orang Kristen yang benar-benar tahu mengatur dengan baik. Apakah dalam menjalani aktivitaas rutin setiap hari? Apakah dalam persekutuan dengan jemaat Tuhan? Apakah dalam hubungan keluarga yang semua anggota sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang? Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat (Efesus 5:16-17). Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada (Kolose 4:5). Kiranya  kita dapat menjadi orang beriman yang beriman dapat mempergunakan waktu dengan baik, sehingga damai sejahatera Allah yang melampaui segala akal menyertai kehidupan kita sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin!

0 komentar:

Posting Komentar