Selasa, 17 Juli 2012

MATERI PA

MATERI PA

BAHAN ALKITAB WAHYU 2:1-7

            Wahyu adalah kitab terakhir dalam Alkitab, dan dalam kitab wahyu banyak sekali digunakan symbol-simbol, penulis berharap dengan menggunakan symbol-simbol setiap orang yang membacanya akan lebih mudah untuk memahami apa maksud dari tulisannya itu. Wahyu adalah penyingkapan dari sesuatu yang tersembunyi. Kitab wahyu termasuk dalam sastra apokaliptik dan yang menjadi ciri khas dari sastra ini adalah pemikiran bahwa ALLAH berdaulat, yang pada akhirnya dan dengan tiba-tiba dalam keadaan yang tidak terelakkan, ALLAH  campur tangan untuk melaksanakan kehendak-NYA yang baik dan sempurna. DIA ditentang oleh bermacam-macam kuasa kejahatan yang sangat kuat, dan kuasa-kuasa ini biasanya dilambangkan sebagai binatang-binatang, tanduk-tanduk dll. Ditemukan beberapa penglihatan, malaikat-malaikat berbicara, bentrokan antara penguasa raksasa dan pada akhirnya orang-orang suci  yang dianiaya dinyatakan benar.            
Dalam kitab wahyu membayangkan perlawanan dasyat terhadap Allah dan umat ALLAH, tetapi ALLAH akan menang atas setiap hal yang jahat. Kitab wahyu ditulis ketika gereja perdana mengalami penganiayaan dan kesulitan. Dalam wahyu 2:6 muncul nama Nikolaus. Nikolaus dari Antiokhia (kis 6:5) dianggap telah memberikan namanya kepada sekelompok  anggota gereja perdana yang mencoba mencampurbaurkan kekristenan dengan kekafiran, agar orang Kristen dapat tanpa segan ikut dalam aktivitas social dan agama ditengah-tengah masyarakat yang ikatan kewargaannya sangat ketat ditempat mereka berada.
Pertanyaan :
1.      Adakah disekitar kita sikap atau cara hidup yang saling mempengaruhi dengan mentokohkan seseorang terjadi dalam persekutuan jemaat dan sampai pada kehidupan bermasyarakat?
2.      Hal-hal apa saja yang bisa mempengaruhi kasih mula-mula memudar bahkan hilang dalam kehidupan.
-          Keluarga
-          Jemaat
-          Masyarakat
Sikap hidup yang bagaimanakah yang harus dimiliki oleh setiap orang pecaya agar kasih mula-mula itu tetap ada?

0 komentar:

Posting Komentar