Senin, 11 Juni 2012

Pengantar kitab Kolose

Pengantar kitab
KOLOSE

           Kolose adalah sebuah kota di Asia kecil, sebelah timur kota Efesus. Bukan Paulus yang mendirikan jemaat di Kolose ini, tetapi ketika ia mengutus pekerja-pekerja dari efesus , ibukota sebuah Provinsi Roma di Asia Kecil, ia merasa bertanggung jawab atas jemaat di Kolose itu, Paulus sudah menerima berita bahwa untuk mengenal Allah dan di selamatkan dengan sempurna, orang harus menyembah “Roh-roh yang menguasai dan memerintah semesta alam”. Di samping itu, kata guru-guru itu, orang haruslah pula taat menjalankan peraturan-peraturan sunat, pantangan dan lain sebagainya.
           Surat Paulus kepada Jemaat di Kolose ini di tulis untuk mengemukakan ajaran Kristen yang benar dan menentang ajaran-ajaran salah yang diajarkan oleh guru-guru palsu itu. Initi sari surat ini ialah bahwa Yesus Kristus sanggup memberi keselamatan yang sempurna dan bahwa ajaran-ajaran yang lainnya itu hanya menjauhkan orang dari Kristus. Melalui Yesus Kristus pula Allah menciptakan dunia ini, dan melalui Kristus pula Allah menyelamatkannya.Hanyalah melalui bersatu dengan Kristus, dunia mempunyai harapan untuk diselamatkan.Selanjutnya Paulus menguraikan hubungan antara ajaran yang agung itu dengan kehidupan orang Kristen.
           Perlu dikemukakan di sini bahwa Tikhikus, yang membawa surat ini ke Kolose untuk Paulus, di temani oleh Onesimus, hamba yang di suruh oleh Paulus untuk kembali kepada tuannya, yaitu Filemon, seorang anggota jemaat di Kolose.

0 komentar:

Posting Komentar