Selasa, 10 Juli 2012

BAHAN PA

MINGGU, 8 JULI 2012

1 PETRUS 3:8-12

            Semua orang sehat pasti memandang bahwa pertengkaran merupakan satu perkara yang jahat di mata Allah. Dan pertengkaran pasti tidak dapat menyelesaikan satu permasalahan. Banyak denominasi baru berkedok urapan dan kepenuhan Roh kudus padahal bila ditelusuri akar permasalahan hanya karena ada konflik internal yang tidak dapat diselesaikan dengan kerendahan hati dan kearifan. Kasus perceraian keluarga Kristen terus mengancam persekutuan gereja Tuhan. Banyak pengalaman terjadi ketika akan mengurus perkawinan kepala desa mengeluarkan surat keterangan belum pernah kawin pada warganya,  kendati sebelumnya memang sudah pernah kawin tapi dalam kurun waktu lamanya berpisah tanpa ada surai cerai dari pengadilan. Melegalkan sesuatu hal yang sebenarnya telah menyalahi aturan tetapi dalam kondisi tertentu ditolerir dengan alasan kemanusiaan. Sehingga pada kesempatan lain kebiasaan seperti itu diikuti oleh warga yang lainnya .

Pertanyaan diskusi:

1.  Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu (Yohanes 17:20-21). Bagaimana caranya mewujudkan Doa Yesus ini secara nyata dalam pergumulan  Gereja Tuhan masa kini?
2. Kasus perceraian keluarga Kristen masih menjadi pergumulan gereja Tuhan masa kini. Apakah     tanggapan dan sikap kita menghadapi fenomena kawin-cerai?

0 komentar:

Posting Komentar